Kotbah Misa Harian, Senin 19 November 2012



MELIHAT ATAS DAN SEKITAR

(Why 1:1-4;2:1-5a; Luk 18:35-43)
Kotbah Misa Harian,
Senin 19 November 2012
Di Soverdi Surabaya


P. Benediktus Bere Mali, SVD


Manusia adalah multidimensi. Satu dimensi yang ada dalam diri manusia adalah unsur psikologis. Sisi psikologis manusia ini dapat ditemukan dengan sebuah paradigma yang terkenal adalah Jendela Johari. Pencipta empat Jendela Johari adalah psikolog berbangsa yang dipimpin oleh Obama saat ini. Psikolog itu adalah Jesef Luft dan Harrington Ingham, tahun 1955. Empat jendela ini ditemukan untuk manusia lebih mudah melihat diri sebagai pemilik empat karakter kepribadian manusia. Setiap manusia dapat memakai paradigma empat Jendela Johari untuk melihat diri. Empat jendela itu adalah saya tahu tentang sisi diri saya dan orang lain juga tahu tentang sisi diri saya, saya tahu tentang sisi diri saya dan orang lain tidak tahu tentang sisi diri saya, saya tidak tahu tentang sisi diri saya dan orang lain tahu tentang sisi diri saya, saya tidak tahu tentang sisi diri saya dan orang lain tidak tahu tentang sisi diri saya. Jendela ini dapat melukiskan berbagai sisi manusia berupa pola pikir, pola berkata-kata,pola bertindak, pola beriman seseorang.


Idealnya dalam kehidupan bersama baik sosial maupun religius adalah saya tahu dan orang lain tahu, kita semua tahu tentang tujuan hidup bersama untuk mengambil tindakan bersama menuju cita-cita hidup bersama.



Pengemis yang diwartakan di dalam Injil pada hari ini adalah seorang yang tahu tentang sisi dirinya buta fisik tetapi tidak buta iman sedangkan orang banyak yang mengikuti Yesus adalah orang yang tahu dirinya tidak buta fisik tetapi tidak tahu bahwa mereka adalah buta iman. Mengapa? Karena ketika Pengemis buta fisik itu semakin berseru kepada Tuhan Yesus dengan penuh iman mohon kesembuhan, tetapi orang banyak itu justru melarang si pengemis itu.


Si Pengemis penuh beriman datang dan berseru kepada Yesus untuk disembuhkan dan berkat iman itu terjadilah mujizat penyembuhan yang diberikan oleh Tuhan Yesus kepadanya. Yesus bersabda :” Melihatlah, imanmu telah menyelamatkan engkau.” Berkat iman si pengemis itu terjadilah mujizat atas dirinya yang buta fisik menjadi melihat dan dia bersorak sorai memuji Allah.


Tetapi menarik juga bahwa orang banyak yang melarang si pengemis di awal seruannya kepada Tuhan Yesus itu, setelah mujizat terjadi, mereka pun mulai memuliakan Allah dan memujiNya. Mujizat melahirkan iman orang banyak tetapi iman si pengemis itu melahirkan mujizat.


Suatu kali saya mengikuti doa penyembuhan di sebuah kota. Ada lautan manusia yang datang memadati tempat berlangsungnya doa penyembuhan. Pada waktu yang berbeda saya juga datang ke Gereja di dekat kota tempat penyembuhan itu. Hadirin sangat sedikit dibandingkan dengan ketika diselenggarakan doa penyembuhan. Rupanya umat di tempat itu, berprinsip mujizat yang melahirkan iman bukan iman yang melahirkan mujizat.


Pada suatu hari, ditelepon dari sebuah kampung pedalaman bahwa sedang terjadi penampakan Bunda Maria di sebuah tempat tinggal yang dikelilingi gua-gua alam. Banyak umat dari berbagai daerah sekitar membawa lilin dan berdoa Rosario sambil berlutut di atas bebatuan di depan gua itu. Informasi penampakan disebarkan oleh seorang ibu yang rumahnya di depan gua itu.


Pada suatu hari para suster pun mendengar berita penampakan itu dan datang ke tempat kejadian. Suster itu masuk ke Gua dan melihat patung Bunda Maria lalu mengangkat patung itu lalu melihat patung ternyata label harga dari tokoh susteran para suster itu masih ada, dan ternyata ibu yang mewartakan bahwa ada penampakan itu seminggu sebelum kejadian penampakan yang diwartakannya, membeli patung itu di tokoh rohani milik suster lalu menempatkan patung itu di dalam gua itu. Itulah peristiwa penampakan dan setiap kita berkuasa memberikan makna. Bagaimana maknanya?


Saya melihat bahwa banyak orang melihat mujizat dulu baru mau beriman. Banyak orang mau ditipu dengan mujizat buatan manusia untuk beriman yang lahir dari manipulasi. Yang tepat adalah seperti si pengemis, berimannya melahirkan mujizat, bukan sebaliknya.