KEBEBASAN DALAM KARL JASPERS





HIDUP :  BEBAS ATAU BATAS
*P. Beny  Mali, SVD*
             
Pengantar / Introduksi

              Setiap kali saya berada di samping sesame yang sakit dan sesama yang telah meninggal senantiasa muncul aneka perasaan sekaligus pertanyaan kepada Yang Empunya kuasa atas kehidupan dan juga kepada diri sendiri dan kepada sesama manusia. Perasaan yang muncul dalam diri adalah duka, sedih, dan takut akan kematian. Pertanyaan kepada Tuhan adalah: kalau Tuhan pemilik hidup dan kehidupan itu bisa disogok dengan harta kekayaan untuk memperpanjang usia, untuk hidup seribu tahun lagi, seperti yang dirindukan sastrawan Chairil Anwar, maka betapa bahagianya manusia yang memiliki harta kekayaan berlimpah-limpah karena merekalah yang mendiami dan memenuhi dunia ciptaan Tuhan sang pemilik hidup dan kehidupan yang abadi. 
              Tuhan menyatakan keadilanNya yang sejati secara nyata di dalam yang yang namanya Kematian yang dialami setiap manusia dan yang telah dialami PuteraNya Yesus Kristus pembuka jalan sekaligus jalan menuju Surga, melalui Rahim Bumi. Tuhan adalah Jalan ke Surga dan jalan dari Surga. Yesus berasal dari Kerahiman Allah kedunia melalui Rahim Biologis St. Perawan Maria dan berkarya di Dunia. Sabda dan KaryaNya yang menyelamatkan bermuara pada penderitaan dan cinta yang diungkapkan dalam derita Salib, wafat dan dimakamkan di dalam perut bumi yang disebut sebagai Rahim Bumi, dan tiga hari bangkit dari kubur atau lahir kembali dari rahim Bumi, lalu kemudian kembali ke kerahiman Allah di Surga. Yesus bersal dari Allah dan kembali kepada Allah (Yoh 13). Yesus ke Rumah bapa menyiapkan tempat bagi setiap orang lintas batas yang menaruh kepercayaan yang tulus kepadaNya (Yoh 14 ). Yesus adalah contoh jalan menuju surge bagi semua orang yang percaya kepadaNya.
              Yesus mengalami situasi Batas yaitu kematian dan menerima situasi batas itu sebagai bagian dari jalan menuju hidup dan kehidupan yang sejati, sebagai ungkapan keotentikan pribadi yang sesungguhnya.  Mengarahkan seluruh hidup dan kehidupan kepada yang Transenden. Yang dimaksudkan dengan Transenden adalah Allah Bapa di Surga.
              Pertanyaan bagi manusia adalah : Apa artinya kebebasan yang sejati bagi manusia? Kebebasan manusia yang sejati di dunia adalah ketika manusia bebas tanpa beban memasrahkan seluruhnya diri di saat pengalaman akan kematiannya yang disebut Filsuf Eksistensialis Karl Jaspers sebagai Granzsituation (Situasi Batas).  Kepasrahan total kepada yang transenden pada pengalaman akan kematian mengungkapkan diri yang otentik di dalam hidup dan kehidupannya. Yang Transenden itu adalah Tuhan pemilik hidup dan kehidupan. Dia telah member hidup dan Dia pula yang kembali mengambil hidup.
              Saya mencoba membagi renungan ini dalam dua bagian besar. Hidup bebas dan Hidup Batas.

BEBAS : TANPA BATAS

              Hidup kita pasa zaman ini tiada batas. Internet berperan menerobos batas-batas tembok yang dibangun. Informasi dapat dikirim internet menembus batas-batas tembok dan batas privacy yang dimiliki manusia. Setiap pribadi manusia yang membuka pintu hatinya, pintu rumahnya, pintu otaknya, pintu tubuhnya bagi tamu internet yang datang membawa berita positif dan negatif, maka berita itu tanpa permisi mendiami rumah hati, rumah otak, rumah tubuh dan rumah kediaman setiap manusia. Hp, BB, Ipad, laptop, komputer, adalah ruang tamu yang menerima tamu internet sekaligus kediaman internet dengan dua berita sekaligus positif dan negatif siap dikonsumsi setiap manusia dalam kebebasannya yang dapat menyelamatkan diri sendiri dan sesama atau menghancurkan diri sendiri atau sesama. Berita negatif  dipilih sebagai yang utama, maka berita negatif menjadi subyek yang mengatur manusia sesuai kehendaknya yang menghancurkan. Sebaliknya kalau kebebasan manusia memilih berita positif sebagai yang utama, maka berita positif menjadi subyek yang menjadi kompas yang menyelamatkan manusia dalam segala lini bidang kehidupan yang menyertainya.
              Pesawat dapat menerbangkan manusia dari suatu tempat ke tempat lain secara cepat. Transportasi laut dapat berlayar membawa manusia dari suatu pulau ke pulau yang dituju. Barang-barang yang dibutuhkan dapat dibawa dari satu pulau ke pulau lain dalam waktu yang relatif singkat. Transportasi darat dapat mengantar manusia dari suatu tempat ke tempat lain di atas bumi ini secara cepat.


SITUASI BATAS : KEMATIAN

              Manusia hidup tanpa batas di dunia ini melalui internet dan transportasi. Tetapi kita belum pernah mendengar, seseorang dari dunia ini langsung mengrim email kepada Tuhan di Surga. Kita belum pernah mendengar ada satu alat transportasi yang mengangkut manusia dari bumi ke Surga. Kita belum pernah menemukan satu pesawat yang langsung take of dari Bandara di dunia ini menuju bandara di Surga. Kita belum melihat satu kendaraan yang membawa manusia dari pulau bumi menuju pulau yang namanya Surga. Kita tidak pernah menemukan satu kreta api yang membawa manusia dari stasiun dunia ke stasius surga.
              Kita hanya tahu jalan ke Surga adalah jalan melalui rahim bumi. Jalan ke surga adalah jalan melalui yang namanya kematian. Jalan ke Surga melalui situasi batas yaitu kematian.  Kematian menurut Karl Jaspers, adalah situasi batas manusia. Ketika manusia menerima situasi batas itu secara bebas, pasrah, tidak menolak, disitulah kemurnian eksistensi manusia yang utuh tanpa cacat.  Kematian adalah jalan kepasrahan total kepada yang transenden.
              Trasenden itu adalah Allah. Allah yang memiliki hidup. Hidup itu Allah berikan kepada kita manusia melalui lahir dari kerahimanNya ke dunia melalui rahim seorang ibu biologis yang melahirkan kita masing-masing.  Kelahiran ke dunia berakhir dengan kematian dan pemakaman di dalam rahim bumi. Melewati rahim Bumi, setiap orang berjalan menuju Surga tempat kerahiman Allah yang sejati.
              Tinggal di dalam kerahiman Allah adalah keselamatan yang abadi. Jalan dari kerahiman Allah ke dunia melalui Rahim Ibu Biologis kemudian melalui rahim Bumi kembali ke kerahiman Allah telah dilewati Tuhan Yesus sebagai pusat iman dan keselamatan kita. Yesus adalah Jalan yang tepat meuju kerahiman Allah bagi banyak orang yang masih mengalami disorientasi jalan kembali ke kerahiman Allah. Yesus adalah Kebenaran bagi setiap orang yang masih mengalami ketidakpastian akan masa depan yang penuh di dalam kerahiman Allah. Yesus adalah kehidupan bagi setiap orang yang masih mengalami ketidakberdayaan mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan manusia yang berkeimanan kepada Tuhan Yesus. Hanya dalam nama Yesus ada keselamatan sebagaimana tertulis di dalam Kisah Para Rasul 4 : 12.  Tiada nama lain selain dalam nama Yesus ada keselamatan.
              Kita sebagai orang Kristen kelahiran kita diawali di Anthiokia seperti dikatakan di dalam Kisah Para Rasul 11 : 26.  Orang Kristen adalah orang yang percaya kepada Kristus yang telah bangkit puncak keselamatan semua orang lintas batas yang percaya kepadaNya. Kepercayaan itu menyelamatkan kita dan menyelamatkan sesama. Contoh iman Marta Yoh 11: 25 – 27. Iman  Marta membangkitkanLazarus saudaranya yang telah meninggal. Iman kita juga memiliki aspek sosial, yaitu menyelamatkan sesama. Doa kita ini adalah contoh nyata bahwa kita berdoa bagi Ibu Susana Tanza untuk dosa-dosanya diampuni dan diselamatkan oleh Tuhan. Maka kita selalu berdoa bagi Ibu Susana dalam misa ini dan dalam hari – hari selanjutnya agar dosanya diampuni dan diberi kebahagiaan kekal dalam kerahimanNya.


Homili Misa Requiem Ibu Susana Tanza

Rabu 1 Mei 2013 di Ruang G Adi Jasa- Surabaya
Why  20 : 11 - 15
Yoh 14 : 1 - 6