KOTBAH BERKAT RUMAH

Berkat Gembala Memberi Rahmat Berlimpah Atas Rumah Ini




*Rm. Benediktus Bere Mali, SVD*




Bapa Ibu saudara dan saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus…



Kita semua pernah menimba ilmu di pendidikan formal. Buktinya kita mendapat Surat tanda lulus atau ijazah resmi dari lembaga pendidikan yang bersangkutan. Dengan bukti itu, kita dapat melamar dan diterima untuk bekerja di kantor atau perusahaan-perusahaan ternama.
Seorang imam secara liturgis ditahbiskan oleh Uskup. Bukti bahwa seorang imam tertahbis harus ada surat legal dan tanda tangan uskup pentahbis, sehingga Pelayanan imam tertahbis secara hukum diakui dan diterima, baik ketiga berkarya di dalam Negeri maupun berkarya di luar Negeri sebagai seorang misionaris.


Pada malam hari ini, kita merayakan Perayaan Ekaristi di dalam rumah baru ini. Pengesahan rumah oleh Allah, dalam Perayaan Ekaristi ini, membawa rahmat ganda kepada keluarga ini. Pertama,Iman akan kehadiran Allah yang memiliki kasih, persahabatan, damai, dalam rumah ini, di dalam diri anggota keluarga ini. Kedua, Pengesahan ini meneguhkan iman keluarga ini agar dalam suka dan duka, keluarga ini tetap setia pada Tuhan dan sesama dalam keluarga ini. Ketiga, keluarga ini menjadi teladan iman bagi sesama dilingkungan ini, di tempat kerja dan dimana saja keluarga ini berada.


Hari ini Yesus mempersembahkan rencana muliaNya kepada Tuhan dalam doaNya di Gunung Tabor. Setiap langkah Yesus akan dilaksanakan setelah mendapat pengesahan Allah BapaNya sendiri. Satu ide yang menonjol dalam pesta Yesus dimuliakan di atas Gunung Tabor adalah Ia akan ke Yerusalem untuk kematianNya di atas Kayu Salib sebagai jembatan jalan menuju kehidupan bahagia abadi di Surga. Ide ini mendapat pengesahan dari Allah BapaNya di Surga, dalam Sabda Allah dari dalam Surga: “Inilah AnakKu yang Kupilih, dengarkanlah Dia.” Pengesahan Allah ini terjadi di Tabor, disebut Gunung Kemuliaan Allah. Pengesahan itu adalah langkah penting dan menentukan yang Ia akan ambil.


Pengesahan itu akan diakui kalau ada saksi. Dalam aturan yang berlaku pada zaman Yesus itu, setiap pengesahan akan diakui kalau paling minimal ada dua orang saksi yang memberi tandatangan asli atas pengesahan itu. Pengesahan misi Yesus oleh Allah BapaNya di Surga dalam SabdaNya, diakui dan diterima karena ada dua tokoh besar dalam kehidupan keagamaan bangsa Yahudi yang menjadi saksi yaitu Musa dan Elia. Siapakah kedua saksi ini?
Musa adalah seorang tokoh besar agama Yahudi yang memberikan Hukum yang besar kepada Israel. Sepuluh Perintah Allah diberikan oleh Musa kepada bangsa Israel. Sedangkan Elia adalah seorang yang paling besar di antara nabi-nabi. Pengesahan ini mau menyatakan kepada Yesus agar Ia berjalan terus dan melanjutkan segala sesuatu yang telah ditetapkan. Ia berangkat ke Yerusalem untuk menderita dan mati di salib lalu bangkit dari antara orang mati adalah ketetapan Bapa. Dan apa yang Ia kerjakan adalah suatu penyempurnaan dari segala kehidupan dan pemikiran dan karya dari bangsaNya, bahwa Allah juga sudah mengesahkan langkah-langkah yang Ia telah ambil.

Transfigurasi atau perubahan rupa Yesus dimaksudkan untuk meneguhkan hati /iman ketiga rasul inti itu yaitu Petrus, Yohanes dan Yakobus, agar mereka tidak goyah imannya apabila menyaksikan kesengsaraan Yesus nanti. Transfigurasi ini pun menjadi tonggak penghiburan bagi para rasul di saat-saat mereka mengalami kesengsaraan dan kesulitan dan menjadi jaminan kemuliaan dan kebahagiaan yang akan mereka alami di Surga, sebagai yang telah dijanjikan Yesus.


Inilah pengesahan visi keselamatan dan misi menuju keselamatan melalui via dolorosa. Peristiwa iman akan kebahagiaan melalui jalan salib Tuhan memberikan kekuatan sekaligus inspirasi kepada kita untuk selalu menimbah kekuatan Tuhan dalam mengalami penderitaan yang kita alami. Tuhan menderita untuk banyak orang. Pengorbanan Tuhan harus menjiwai setiap tugas karya Pelayanan kita dimana saja kita berada. Ini kekhasan kita sebagai pengikut Yesus sang guru kita.


Inspirasi: Dan 7:9-10.13-14. 2 Ptr 1:16-19 . Luk 9:28b-36. MT. 97 : 1-2.5-6. 9. Pesta Yesus Menampakkan KemuliaanNya di Tabor. Meditasi Persiapan Misa di Soverdi Jumat Pertama 6 Agustus 2010. Pemberkatan Rumah di Wilayah Rungkut.