DOA UNTUK MISI DI KALIMANTAN




Ya Allah Pencipta Alam Semesta,


Engkau telah menciptakan Kalimantan dengan kasih dan kebijaksanaan. Di tanah nan indah ini selayaknya manusia mengagumi keagungan-Mu. Nafas kehidupan yang Engkau hembuskan menumbuhkan aneka fauna dan flora yang mempesona. Kaudandani tanah ini dengan sungai-sungai raksasa pengantar air hidup ke tempat-tempat yang jauh. Kasih-Mu semakin nyata dalam berlimpah hasil bumi yang Kausediakan bagi kesejahteraan manusia. Sungguh, manusia sepatutnya bersyukur. Namun, betapa sering kasih-Mu dibalas dengan dosa. Bermacam masalah kini melanda tanah ini. Perusakan lingkungan melaju deras. Paru-paru bumi terancam punah sebab hutan-hutan lebat terus dibabat. Pengerukan hasil-hasil tambang berjalan pesat, namun kesejahteraan masyarakat setempat tidak kunjung tampak. Ketika keserakahan manusia merongrong keutuhan ciptaan-Mu, bimbinglah kami untuk bekerja sama memulihkan keutuhan ciptaan-Mu.



Ya Allah Penyayang kehidupan,

Di atas tanah misi Kalimantan ini, Engkau menempatkan umat pilihan yang lahir dari keluarga-keluarga. Berkatilah semua keluarga dan jadikanlah mereka sebagai tempat yang suci bagi pertumbuhan cinta akan sesama dan peduli kepada lingkungan hidup. Semoga keluarga-keluarga melahirkan dan mendidik generasi muda yang memiliki hati yang berbelarasa bagi sesama dan alam ciptaan-Mu. Semoga mereka berkembang dalam iman, harapan dan cinta kepada-Mu, kepada sesama dan alam sekitarnya



Allah Tri Tunggal Yang Maha Kudus,

Kepada-Mu kami persembahkan doa, kurban, dan segenap diri kami bersama para misionaris kami untuk mengabdi dan mewartakan karya kasih-Mu yang menyelamatkan di Tanah Misi Kalimantan. Terimalah persembahan diri kami dan jadikanlah kami tanda dan sarana keselamatan-Mu. Kobarkanlah hati kami dengan semangat kasih dan berbelarasa untuk berjuang memulihkan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan-Mu. Kuatkanlah kami dengan daya ilahi Salib Putera-Mu agar kami mampu memperjuangkan kebaikan umum dengan tulus hati. Semoga nama-Mu dimuliakan, martabat manusia ditegakan dan keutuhan ciptaan dipulihkan agar damai-Mu bersemi di dalam hati kami dan dalam hati semua orang.

Santo Arnoldus Janssen, doakanlah kami.
Santo Josef Freinademetz, doakanlah kami.
Amin.

***untuk kalangan sendiri***