UPACARA PERARAKAN MALAM NATAL

Pra-Upacara dengan satu lagu adven


Antipon Pembukaan

Do = C


5 4 2 4 5 5. 5 6 5 6 5 4.
Raja - da- mai di - mu - li - a - kan;
5 4 5 6 i i 7 6 6 7 6 5. 5 4 2
Se- lu-ruh - du-ni - a i - - ngin me-man-dang
4 4 5 5. //
Wa-jah - Nya



I : Tuhan telah menyatakan, alleluya
U: Selamanya, alleluya

I: Marilah kita berdoa.
Allah, Engkau telah membuat malam tersunyi ini bergilang-gemilang dengan cahaya terang yang benar; Kami mohon kepadaMu, berilah supaya kami yang mengenal rahasia terangNya di dunia ini, juga dapat menikmati kesukaan terangNya di surga: yang hidup dan bertakhta dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala abad.
U: Amin

I. Sabda Sudah menjadi daging, alleluya
U. Dan tinggal di antara kita, alleluya

I.Marilah kita berdoa :
Kami mohon kepadaMu, Allah yang Mahakuasa, berilah: supaya kami yang masih terbelenggu dalam perbudakan lama di bawah beban dosa ini, dibebaskan oleh kelahiran baru PuteraMu yang tunggal yang menjadi manusia. Karena Tuhan kami Yesus Kristus PuteraMu yang hidup dan bertkhta dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala abad.
U. Amin.

Imam Mendupai Patung Kanak-kanak Yesus.


DOA Bersama Umat
Di depan patung Kanak-kanak Yesus

Telah tampak kepada kita kebaikan dan kasihsayang Tuhan, Juru Selamat kita. Mari kita menyembah sujud Dia. Puji kepada Allah di tempat tinggi. Dan damai bagi manusia di atas bumi yang berkehendak baik. Ya Yesus, Putera ilahi, kami datang dengan rendah hati dekat palunganMu dan menyatakan hormat serta kasih kami kepadaMu. Kami menghormati Dikau sebagai Allah dan Tuhan kami, dan kami memuji kebesaran dan kemuliaan surgawiMu. Kami bersyukur kepadaMu karena Engkau memandang dengan kasihsayang akan kemelaratan kami, dan sudi turun dari tahktaMu ke atas bumi sebagai seorang anak yang lemah dan tak berdaya. Kami bersyukur kepadaMu, Ya Bapa Surgawi karena Engkau mengutus PuteraMu yang tunggal ke dunia untuk menebus dan menyelamatkan kami. Kami bersyukur kepadaMu ya Allah Roh Kudus karena dengan kuasaMu telah terlaksana penjelmaan Putera Allah atas peri yang mengherankan. Ya Tritunggal Mahakudus, bantulah agar kami dapat membalas kasihMu yang begitu besar itu dengan kasih pula. Kuatkanlah hati kami supaya kami meniru teladan Anak Yesus dalam kerendahan hati.

Marilah kita berdoa memohon rahmat bagi kaum kafir. (Imam Celebran Utama)

Ya Yesus, pancarkanlah sinarMu yang terbit pada malam Natal ini ke atas bangsa yang tersesat dan diliputi kegelapan kafir, agar segera mereka kembali kepadaMu Raja yang benar, yang mengasihi dan menyelamatkan kami.

Marilah kita berdoa untuk seluruh Umat Allah. (Imam Celebran Utama)

Ya Yesus kami mohon berkatMu untuk Bapa Suci, Para Uskup dan imam-imam kami. Berilah semangat dan kegiatan dalam hati segala orang Kristen supaya demi pesta Natal ini kami menghantar banyak orang berdosa kembali kepadaMu, Gembala Agung jiwa-jiwa.

Marilah kita berdoa untuk kita sekeluarga ini dan untuk segala orang yang kita kasihi (Imam Celebran Utama).

Ya Anak Yesus kami minta juga berkatMu untuk kami semua dan kami masing-masing; untuk ibu dan bapa, serta segenap keluarga, semua sahabat dan kenalan kami dan semua penderma kami. Semoga kami semua menikmati rahmat pesta kelahiranMu. Amin.

PERARAKAN KE KAPEL :

Urutan : Pembawa Patung Kanak-kanak Yesus – Umat – Misdinar - Imam

Untuk nyanyian waktu perarakan ke Kapela: MALAM KUDUS

Ayat 1. Malam Kudus, Sunyi Senyap BintangMu gemerlap, Juru selamat manusia, sudah turun dari surga, Kristus Penebus dunia, Raja Mahamulia.

Ayat.2.
Malam Kudus, sunyi senyap, DombaMu berderap, Para Gembala yang jaga, Menghadap Yesus Sang Putra, Lahir dalam haru, Lahir dalam haru.

Ayat. 3.
Malam Kudus, Sunyi Senyap, TidurMu t’lah lelap, Angkasa raya dan bumi, Mendamba cinta ilahi, cahya cinta bakti, cahya cinta bakti.


Setelah semuaUmat di dalam kapela, Pembawa Kanak-kanak Yesus(tetap menggendongYesus), misdinar dan imam Celebran Utama berdiri di depan Kandang Nata. Lalu menyanyikan:



7 2 7 2 3 2. 2 2 3 2 i i 2 i i 7 i
Terbit Ca ha - ya da lam - ke ge la - - pan - -
i 7 6 7 i 2 6 5. 5. / 6 i i i i
Ba - gi o - - rang tulus. I- a- lah Tu-han
6 i 7. 6 5 7 6 5. 5. //
Yang A dil dan Pe-nya-yang ka - mi


I. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan, alleluya.
U. Yang datang dari Allah kita, alleluya

I. Marilah kita berdoa.
Kami mohon kepadaMu, Allah yang Mahakuasa, berilah, supaya kami, yang dilimpahi terang baru dari SabdaMu yang menjadi manusia itu, mencahayakan hati kami. Karena Tuhan kami Yesus Kristus PuteraMu yang hidup dan bertahkta dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus Allah sepanjang segala abad.
U. Amin

Patung Kanak-kanak Yesus diletakkan dalam palungan oleh imam, sesudah itu mendupainya, dilanjutkan dengan mendupai altar dan sesudah itu MENYANYIKAN MAKLUMAT KELAHIRAN YESUS KRISTUS oleh petugas.

EKARISTI MALAM NATAL


Celebran Utama : Provinsial
Conceleran : Rektor dan Rm. Thoby SVD