Kotbah Misa Harian, Kamis 6 Desember 2012







         

HIDUP DALAM SERUAN
DAN PERBUATAN

(Yes 26:1-6; Mat 7:21.24-27)
Kamis 6 Desember 2012
Dari Jakarta Untuk Dunia


P. Benediktus Bere Mali, SVD.



Kompas, Rabu 5 Desember 2012, halaman 7 menurunkan satu artikel dengan judul: "Gestur Politik". Ketika saya membaca judul artikel ini, saya langsung ingat seorang imam yaitu Rm. Mangun yang menulis sebuah buku dengan judul "Politik Hati Nurani".



Ingatan ini mengarahkan saya memunculkan sebuah pertanyaan mendasar yang menggulirkan bola permenungan ini. Keunikan apa yang ditemukan di dalam Gestur Politik dengan Politik hati nuraninya Rm. Mangun? Karakter yang membedakan gestur politik dengan politik hati nurani, sesungguhnya terletak di dalam uraian yang akan membuka wawasan kita, yaitu sebagai berikut.



Gestur politik, isinya tentang penampilan lahiriah politisi yang begitu meyakinkan sebagai media yang dapat menutupi kebobrokannya yang ada dibaliknya, sehingga publik lebih tertarik pada bungkusnya yang indah dan rapi dan melupakan inti atau isi di dalamnya yang busuk tak berkualitas atau rapuh. Sebaliknya Politik Hati Nurani adalah refleksi yang mendalam sekaligus sangat kaya bagi pembaca untuk memperhatikan dan menjaga keseimbangan antara apa yang menjadi isi atau inti yang bermutu atau berkualitas dengan apa yang menjadi label atau bungkus atau tampilan lahiriahnya yang indah dan rapi. Dengan kata lain politik hati nurani mengutamakan kebenaran, keadilan, kejujuran, kebaikan, kebenaran dan transparansi dalam kata dan perbuatan untuk kebaikan bersama melintas batas, sedangkan gestur politik mengutamakan keindahan penampilan lahiriah yang sangat meyakinkan, dan terus menerus dipublikasikan lewat media cetak, dan elektronik, sehingga opini publik atau massa, dipengaruhi untuk lebih tertarik pada penampilan lahiriah politisi, dan melupakan kebobrokan yang ada di baliknya.



Dalam dunia kepemimpinan, seorang pemimpin yang baik dan benar, jujur dan transparan, dapat diukur dari kata-katanya yang meyakinkan dan sekaligus kata-kata itu dilaksanakan di dalam perbuatan yang nyata. Seorang pemimpin yang demikian yang sangat diharapkan di dalam masa multikultural dan pluralisme ini. Dalam dunia keanekaragaman, orang mengharapkan seorang pemimpin yang bermutu di dalam kata dan perbuatan nyata untuk kepentingan dan kesejahteraan manusia melintas batas. Dalam dunia yang semakin maju dalam komunikasi dan pendidikan serta ekonomi, seruan atau kata-kata menjelaskan perbuatan yang bermutu dan perbuatan yang nyata meneguhkan seruan yang berbobot untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama melintas batas.



Maka tepat sabda Allah kepada kita : "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga (Kebaikan, Kejujuran,Kebenaran, Keadialan, Kedamaian Untuk Kebaikan Bersama Melintas Batas), melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga (Kebaikan, Kejujuran,Kebenaran, Keadialan, Kedamaian Untuk Kebaikan Bersama Melintas Batas)." Orang yang mendengarkan Sabda Allah, mewartakan Sabda Allah, dan melaksanakanNya adalah orang yang bijaksana. Semua orang yang bijaksana itu yang masuk dalam Kerajaan Surga (Kebaikan, Kejujuran,Kebenaran, Keadialan, Kedamaian Untuk Kebaikan Bersama Melintas Batas) .