Kotbah Misa Harian, Selasa 18 Desember 2012



http://www.facebook.com/notes/beny-mali/pria-tulus-susah-di-cari/10151211236663598

“PRIA TULUS SUSAH DI CARI”

Yer 23 : 5 – 8; Mat 1 : 18 – 24
Kotbah Misa Harian, Selasa 18 Desember 2012
Dari Soverdi Surabaya Untuk Dunia

P. Benediktus Bere Mali, SVD


Membaca judul renungan di atas, saya teringat akan banyak orang yang mengatakan bahwa pria yang jujur dan tulus susah didapat. Lantas apa perbedaan antara orang yang tulus dengan orang yang pamrih?


Orang yang tulus dengan orang yang pamrih sebetulnya memiliki perbedaan yang dapat dijelaskan di dalam uraian berikut ini. Pria yang pamrih senantiasa dijiwai “ada apanya” dalam membangun sebuah relasi dengan sesama, termasuk dengan isteri atau tunangannya. Sebaliknya pria yang tulus selalu dijiwai pandangan “apa adanya” dalam membangun dan menciptakan relasi dengan sesama termasuk dengan tunangan atau isteri.


Ketika semua orang mengatakan pria yang tulus susah didapat, Gereja Katolik mempersembahkan Pria yang tulus kepada dunia sejagat. Dia adalah Yusuf suami Maria. Ketulusannya lahir dan bertumbuh dan berkembang dalam musim suka maupun musim sulit yang menyertai perziarahan kehidupan berkeluarganya.


Teladan St. Yusuf menjadi peneguh kita untuk selalu setia dan tulus dalam membangun relasi dengan sesama, dimana dan kapan saja kita berada. Tuhan memberkati kita. Syallom.