Homili Selasa 26 Februari 2013

DOSAMU MERAH BERUBAH JADI PUTIH

Homili Selasa 26 Februari 2013
Misa di St. Maria Ursulin
Jl. Dharmo Surabaya


Yes 1 : 10.16-20
Mzm 50 : 8 – 9. 16bc.17.21.23
Mat 23 : 1 – 12


P. Benediktus Bere Mali, SVD


“Orang yang jujur jalannya akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah” sebaliknya orang yang munafik jalannya akan mengalami kehancuran yang datang dari Iblis.

Pada waktu kampanye menjelang pemilu, partai-partai yang ada sekarang ini, memproklamasikan segala sesuatu yang positif tanpa cacat dengan tujuan untuk kesejahteraan banyak orang pada umumnya. Tetapi menjelang akhir masa jabatan, terbongkarlah sudah korupsi para koruptor yang berasal dari para pemegang pucuk kepemimpinan partai. Dengan kata lain, di awal kepemimpinan para pejabat partai masih berjalan searah jarum jam visi dan misi partai yang anti korupsi untuk kebaikan bersama rakyat banyak. Sedangkan di akhir masa jabatan, ketahuan bahwa “apa yang dikatakan” dalam visi dan misi partai berbeda dengan “apa yang dilakukan”, atau di akhir masa jabatan mereka berjalan lawan arah jarum jam visi dan misi menuju pintu penjarah.

Masa prapaskah adalah masa tobat. Bertobat berarti berjalan MENINGGALKAN cara hidup kemunafikan ahli-ahli Taurat  dan orang-orang Farisi yang “KUAT dalam kata, bicara, pengajaran” hukum Taurat tetapi “LEMAH dalam melaksanakan” Hukum Musa, MENUJU  jalan kejujuran dalam Kata dan Perbuatan  berdasarkan kehendak Allah, yang Yesus sampaikan kepada para muridNya di dalam pengajaranNya.  

Bertobat berarti berjalan meninggalkan cara hidup manusia Sodom dan manusia gomora menuju  pembasuhan diri menjadi orang bersih dan suci yang layak tinggal di dalam jalan Allah yaitu beribadat kepada Allah dan melayani sesama dalam kebaikan dan keadilan.

Maka bertobat itu membawa perubahan. Tuhan berfirman melalui nabi Yesaya tentang perubahan yang lahir dari rahim pertobatan pemimpin Yehuda dan rakyatnya. “Sekalipun dosamu merah seperti  kirmizi akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba”.