Homili Senin 11 Februari 2013



IMAN DAN USAHA HIDUP SEHAT

Kej 1 : 1 – 19; Mrk 6 : 53 – 56
Homili Senin 11 Februari 2013
Dari Surabaya Untuk Dunia

*P. Benediktus Bere Mali, SVD*



Banyak orang kalau diminta memilih antara jalan tol tanpa hambatan dan jalan umum yang macet menuju sebuah tempat tujuan,  sudah dapat dipastikan bahwa seorang pengendara mobil akan lebih memilih melewati jalan tol tanpa hambatan. Demikian juga banyak orang diminta untuk memilih mujizat penyembuhan dengan proses yang membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh kembali penyembuhan secara normal, maka dapat diperkirakan bahwa lebih banyak orang akan memilih jalan tol mujizat penyembuhan, daripada melalui jalan normal memperoelh kembali kesembuhan.

Misalnya ketika diadakan doa penyembuhan di sebuah kota, banyak orang bahkan lautan manusia dari berbagai penjuru datang ke tempat penyelenggaraan doa penyembuhan. Tetapi ketika pelaksanaan misa harian di Gereja, hanya orang yang punya kesetiaan dan ketekunan yang selalu hadir dalam misa harian dan misa wilayah. Artinya apa bagi kita?  Kebanyakan masyarakat katholik masih dipandu pemikiran bahwa Mujizat penyembuhan itu yang melahirkan iman dan kepercayaan kepada Tuhan Yesus. Tetapi hanya sedikit umat Katolik yang perpikir bahwa iman dan kepercayaan yang melahirkan mujizat penyembuhan. 



Orang sakit yang disembuhkan dalam Bacaan Injil hari ini, berasal dari sumber iman mereka kepada Yesus dan usaha mereka datang kepada Yesus dan perjuangan mereka menjamah jubah Yesus yang melahirkan mujizat penyembuhan atas diri mereka. Ada kerja sama antara iman dan usaha orang sakit yang melahirkan mujizat penyembuhan.


Di sini kita melihat bahwa Tuhan Yesus melibatkan diri dalam penciptaan kembali. Sebagaimana dalam Bacaan Pertama kita mendengarkan bahwa segala sesuatu yang Tuhan ciptakan pada awalnya adalah “baik adanya”. Tetapi ternyata dalam perjalanan, ada yang tidak baik adanya. Misalnya orang yang dulunya sehat kini sakit. Orang yang dulunya baik kini kurang baik atau jahat. Sebuah institusi yang dulunya bermutu dalam bermisi kini kurang bermutu.

Yesus datang untuk menyempurnakan kembali karya penciptaan Tuhan agar “semuanya kembali pada posisi baik adanya.” Hal itu menjadi nyata dalam mujizat penyembuhan yang lahir dari iman dan usaha orang sakit datang dan menjamah jubah Yesus.


Kehadiran kita adalah sebuah kehadiran untuk “penciptaan kembali”. Karya yang kurang bermutu, kita sempurnakan agar bermutu kembali. Untuk itu perlu dialog antara kita. Kita duduk bersama secara tulus mengevaluasi semua kerja kita untuk melihat dan menemukan kelebihan dan kekurangan. Kelebihan kita pertahankan. Kekurangan kita atasi bersama dalam kerja pada periode yang akan datang, dengan satu tujuan pekerjaan dan pelayanan kita berjalan di jalan yang bermutu, yang menarik banyak orang lintas batas. Menuju yang berkualitas dalam karya kita sebagai sebuah team, sebaiknya menjadi sebuah gerakan bersama dan tanggungjawab bersama di dalam pos pelayanan kita masing-masing.



Fokus permenungan kita pada hari ini adalah merenungkan tema keterlibatan kita dalam “Penciptaan kembali” dalam pos karya pelayanan kita masing-masing. Pada awal mula, Tuhan menciptakan segala sesuatu baik adanya. Usia baik adanya itu tidak panjang mulai di taman eden pertama. Adam dan Eva pertama menggugurkan baik adanya. Yesus sebagai Adam baru menciptakan kembali taman eden yang telah hilang sehingga orang dapat menemukan kembali Taman eden pertama yang telah hillang itu dalam iman dan kepercayaan kepada Tuhan Yesus Adam Baru. Dengan kata lain Adam Lama merusakkan Taman Eden yang baik adanya menjadi tidak baik adanya. Sebaliknya Yesus sebagai Adam Baru Menciptakan kembali Taman Eden yang tidak baik adanya menjadi baik adanya.


Kita pun dalam sejarah perjalanan keggregasi kita atau sejarah Gereja kita berjalan di dua jalan ini. Ada pemimpin gereja atau Konggregasi atau institusi atau komunitas yang membawa pembaruan yang menyelamatkan anggotanya sehingga berjalan di jalan yang bermutu dalam hal rohani dan karya sosial. Tetapi ada juga pemimpin yang memberikan warna yang suram yang membuat lelah dan letih anggota yang dipimpinnya untuk terus berjuang berjalan di jalan yang bermutu.

Namun dengan sapaan Allah dalam bacaan hari ini kita diteguhkan Sabda Allah hari ini, untuk hadir di komunitas karya dan komunitas formasi untuk menjadi “Adam baru dan Eva Baru” yang menciptakan kembali eden karya kita agar semuanya kembali berada pada posisi “ BAIK ADANYA” bukan sebaliknya.