Kotbah Misa Harian, Kamis 27 Desember 2012



LAMBAN ATAU CEKATAN
MENCARI YANG BAIK DAN BENAR

(1Yoh 1;1-4; Yoh 20:2-8)
Hari ini, Kamis 27 Desember 2012
Dari Gereja Bethlehem, Kuala Kencana,
Timika untuk Dunia

P. Benediktus Bere Mali, SVD


Hari ini, Kamis 27 Desember 2012 adalah Pesta St. Yohanes  Rasul dan Penulis Injil. Keunikan Yohanes adalah pribadi yang cekatan mencari dan menemukan Tuhan Yesus, pusat kebaikan dan kebenaran yang sejati dan kemudian hasil temuannya itu ditulis di dalam Kitab Suci: "Semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna" (1 Yohanes 1:4).

Yohanes dengan cekatan menemui dan menjumpai Yesus yang diimaninya dalam Kitab Suci. Yesus adalah sumber sukacita yang sejati yang ditulisnya dalam Injil Yohanes. Injil adalah khabar sukacita bagi semua orang melintas batas.


Orang-orang yang kita jumpai dalam kehidupan kita adalah orang-orang yang berkualitas dan yang kurang berkualitas. Mereka yang berkualitas adalah orang yang cekatan memanfaatkan kesempatan yang tersedia dalam memupuk diri menjadi pribadi yang bermutu dalam dunia yang semakin mengandalkan profesionalisme dalam pelayanan dan pekerjaan.


Orang yang kurang bermutu adalah orang yang lambat atau tidak cekatan atau tidak cerdas memanfaatkan kesempatan yang sama diberikan oleh Tuhan. Setiap manusia selalu diberi waktu 24 jam sehari. Tuhan tidak membeda-bedakan memberikan waktu kepada kita manusia. Tinggal respons kita dalam menyambut dan mengisi waktu yang ada setiap hari.

Kita yang disiplin dan cekatan serta secara cerdas memanfaatkan waktu akan berjalan menuju pribadi yang bermutu. Sebaliknya kita yang lamban dan malas memanfaatkan peluang yang ada akan tetap berjalan di tempat orang - orang yang kurang berbobot. Kita harus cekatan seperti Yohanes dalam mencari dan menemukan Tuhan Yesus sumber kebenaran dan kebaikan yang sejati.