Kotbah Misa, Kamis 3 Januari 2013



DI DALAM ATAU DI LUAR YESUS

Kamis 3 Januari 2013
(1Yoh 2:29-3:6; Yoh 1:29-34)
Dari Pastoran Katolik St. Yosef
Kuala Kencana-Freeport- Timika
Untuk Dunia

P. Benediktus  Bere Mali, SVD

Pada tanggal 30 Desember yang lalu, usai Misa Keluarga Kudus di Paroki St. Petrus SP3 Karang Senang-Timika, kami rombongan menuju Portside yang jaraknya sekitar kurang lebih seratus kilometer dari Kuala Kencana- Timika. Di sepanjang jalan ada aliran air dan rawa-rawa. Ada banyak orang yang memancing ikan dan hasil pancingannya kami sempat beli dan kami menikmati dalam makan kami.

Ikan itu kami lihat sangat banyak di dalam air/kolam yang jernih. Setelah dipancing dan diambil serta di simpan di darat, dalam wadah yang tanpa air, ikan itu menjadi mati lemas. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa ikan dapat hidup di dalam kolam ikan. Di luar kolam, ikan mati. 

Demikian juga kita manusia yang beriman kepada Yesus. Yesus adalah sumber hidup dan kehidupan yang sejati. Yesus adalah Jalan, Kebenaran dan kehidupan (Yoh 14:6). Di dalam Yesus kita hidup.  Di luar Yesus kita mati.  Orang yang hidup di dalam Yesus melakukan kebenaran karena kebenaran lahir dari Yesus. Di luar Yesus orang melakukan kesalahan dan dosa karena kesalahan dan dosa lahir dari Iblis.  Orang yang hidup dalam dosa akan membawa kematian sedangkan orang yang hidup dalam Yesus mendatangkan kehidupan yang sejati.

Kita adalah orang yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai jalan kebenaran dan kehidupan. Kita yakin dan percaya bahwa hanya dalam nama Yesus ada keselamatan dan kehidupan nan abadi (Kis 4:12). Sebagai orang yang percaya dan beriman kepada Yesus, kita selalu hidup di dalam Yesus.  Melalui baptisan, kita hidup dalam Yesus. Baptisan membuat kita hidup di dalam Gereja bukan di luar Gereja. Orang yang hidup dalam Gereja taat pada aturan Gereja. Ketaatan ini mendatangkan keselamatan bukan kehancuran.