Kotbah Misa Harian, Rabu 26 Desember 2012



SETIA ABADI PASTI SELAMAT

(Kis 6:8-10; 7:54-59; Mat 10:17-22)
Hari ini Rabu, 26 Desember 2012

Pastoran St. Yosef RT 5 Kuala Kencana
Stasi Kuala Kencana
Keuskupan Timika-Papua


P. Benediktus Bere Mali, SVD


Hari ini Rabu, 26 Desember 2012, adalah Pesta St Stefanus, Martir Pertama. Martir berarti pembela iman kepada Tuhan Yesus sampai mati. Martir berarti orang yang hidup baik dan benar, jujur dan adil serta transparan dalam membangun kehidupan dan kesejahteraan bersama.Martir adalah orang yang selalu berpegang pada kehendak Allah dalam dunia yang penuh dengan perilaku yang bertentangan dengan Kehendak Allah.


Martir berarti orang yang melaksanakan sabda Allah pada hari ini: "Kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat" (Matius 10:22). Martir adalah orang yang semakin dibenci karena berbuat baik dan benar, adil dan jujur, semakin teguh dan kokoh melaksanakan perbuatan baik dan benar, jujur dan adil bagi kehidupan bersama, bagi kebaikan kepentingan banyak orang. Martir adalah orang yang dianiayah karena beriman kokoh kepada Tuhan Yesus, tetapi selalu mendoakan musuh-musuhnya. Martir adalah orang yang diperlakukan dengan kekerasan tetapi membalasnya dengan doa bagi mereka yang memperlakukannya dengan kekerasan.


Kita adalah martir dalam hidup iman kita kepada Kristus Yesus, kalau kita selalu setia kepada Tuhan Yesus dengan selalu membawa damai bagi semua orang melintas batas termasuk mereka yang membenci dan melakukan kekerasan terhadap kita. Kita adalah martir kalau kita tetap berlaku jujur, baik, benar, adil, dan transparan dalam mengatur keuangan pribadi dan bersama. Kita adalah martir kalau kita tetap setia pada Tuhan dalam suka maupun duka, dalam untung dan malang, dalam sehat maupun sakit, dalam hidup penuh godaan maupun tanpa godaan.